er

Sabtu, 18 Mei 2013

Sejarah Google Inc.

Google Inc. adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencariankomputasi webperangkat lunak, dan periklanan daring, yang terkenal melalui mesin pencarinya yang bernama Google. 


Berawal dari Larry Page dan Sergey Brin yang bertemu di Stanford Pada Tahun 1995. Di tahun 1996 mereka berkolaborasi dalam proyek mesin telusur bernama BackRubBackRub beroperasi di server Stanford selama lebih dari satu tahun untuk memenuhi permintaan universitas. Setelah BackRub beroprasi lebih dari satu tahun mereka memutuskan untuk mengubah nama BackRub menjadi Google yang berasal dari kata “googol,” sebuah istilah matematika untuk bilangan yang direpresentasikan dengan angka 1 yang diikuti 100 nol. Penggunaan istilah itu mencerminkan misi mereka untuk mengatur jumlah informasi di web yang terasa tidak terbatas. 

Google Inc. resmi di bentuk pada 7 september 1998 yang memiliki ruang kerja di garasi Susan Wojcicki di 232 Santa Margarita, Menlo ParkCraig Silverstein adalah pegawai pertama Google Inc. beliau adalah sesama mahasiswa S2 ilmu komputer di Stanford. Google menjadi populer di antara pengguna Internet karena desainnya yang sederhana dan ‘bersih’ serta hasil pencariannya yang relevan. Iklan dijual berdasarkan kata kunci (keyword) sehingga mereka menjadi lebih relevan bagi para pengguna, dan iklan-iklan tersebut diharuskan menggunkan teks saja agar desain halaman tetap rapi dan loading halaman tetap cepat. Konsep penjualan iklan berdasarkan kata kunci diawali oleh Overture yang dulunya bernama GoTo.com. Pada saat kebanyakan perusahaan dotcom lainnya bangkrut, Google secara diam-diam semakin memperkuat pengaruhnya dan mendapatkan laba. Pada Desember 1998 PC Magazine melaporkan bahwa Google memiliki kemampuan yang luar biasa untuk mengembalikan hasil yang sangat relevan sekali dan mengakui Google sebagai mesin telusur pilihan dalam 100 Situs Web Terbaik tahun 1998. 


Pada mei tahun 2000 Google.com merilis web versi 10 bahasa yang pertama yaitu Prancis, Jerman, Italia, Swensk, Suomi, Spanyol, Portugis, Belanda, Norsk, dan Dansk dan memenangkan Webby Awards pertama : Technical Achievement (pilihan juri) dan Peoples’ Voice (pilihan pengguna). Mekanisme pemeringkatan Google (PageRank) diberikan hak paten Amerika Pada September 2001. Hak paten tersebut diberikan secara resmi kepada Leland Stanford University dan mencantumkan nama Lawrence Page sebagai sang pencipta.

Februari 2003, Google membeli Pyra Labs, pemilik Blogger, sebuah situs web pionir dan pemimpin hosting weblog. Akuisisi ini tampak tidak konsisten dengan misi umum Google, namun langkah ini membuat Google dapat menggunakan informasi dari posting-posting blog untuk memperbaiki kecepatan dan relevansi artikel-artikel di Google News.


2004 merupakan masa puncak kejayaannya, Google mengurus hampir 80 persen dari seluruh permintaan pencarian di Internet melalui situs webnya dan klien-klien seperti Yahoo!, AOL dan CNN. Share Google turun sejak Yahoo! melepaskan teknologi pencarian Google pada Februari 2004 agar dapat menggunakan hasil pencarian independen mereka. Pada tahun 2006, kantor pusat Google pindah ke Mountain View, California

Perusahaan ini diperkirakan mengoperasikan lebih dari satu juta server di beberapa pusat data di seluruh dunia dan memproses lebih dari satu miliar kueri pencarian dan sekitar 24 petabita data buatan pengguna setiap harinya. Pada bulan Desember 2012, Alexa menyebut google.com sebagai situs web paling banyak dikunjungi di dunia. Situs-situs Google dalam bahasa lain masuk peringkat 100 teratas, sebagaimana halnya situs milik Google seperti YouTube dan Blogger. Google menempati peringkat kedua di basis data ekuitas merek BrandZ. Dominasi pasarnya menuai kritik mengenai hak ciptapenyensoran, dan privasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar